A.
JENIS KOMPETISI
1.
Karya Tulis Ilmiah, “EASY LIFE WITH PHYSICS”
PERSYARATAN PESERTA LOMBA
a. Peserta lomba merupakan siswa-siswi SMA/sederajat se-NTB dan dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda identitas siswa.
b.
Peserta merupakan perorangan atau kelompok (maksimal 2 orang setiap kelompok). Setiap sekolah bebas mengirimkan tim sebanyak-banyaknya.
c.
Peserta lomba diperkenankan untuk mengikuti lomba selain Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam rangkaian lomba Festival Fisika 2012.
d.
Setiap peserta menyerahkan karya tulis ilmiahnya yang bertemakan “EASY
LIFE WITH PHYSICS”.
e.
Setiap judul karya tulis yang
dikirimkan setidaknya harus diketahui oleh satu orang guru pembimbing.
f.
Karya tulis merupakn karya asli penulisan (orisinalitas)
dan belum pernah diikutsertakan dan menjadi pemenang dalam lomba karya tulis apapun.
g.
Peserta lomba yang
mendaftarakan dikenakan biaya pendaftaran Rp75.000,00/tim.
Pendaftaran peserta lomba hanya dapat dilakukan dalam periode pendaftaran. Pendaftaran akan dibuka bulan Maret hingga 15 Mei 2012*. Berikut adalah mekanisme pendaftaran peserta :
a.
Membayar uang pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran langsung di stan pendaftaran di
sekretariat HIMAFIS, Jln. Majapahit No.62 Mataram
Lab.Fisika FMIPA Universitas Mataram.
b.
Transfer ke:
No.Rekening : 0012261945105
Kantor Cabang : Bank NTB Cabang Utama Pejanggik
Atas Nama :
HIMAFIS FMIPA Universitas Mataram
Kemudian membawa slip
bukti penyetoran pada saat mendaftar.
c.
Pendaftaran melalui e-mail
dengan cara mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi beserta scan tanda bukti pembayaran melalui e-mail
himafis.fmipa.unram2012@gmail.com dan mengkonfirmasi panitia melalui SMS (Short Message Service) dengan mengetik format: Nama Pengirim_Atas Nama Rekening_Kantor Cabang Bank_No.Rekening Pengirim_Nama Sekolah_Tanggal dan Waktu Mentransfer_Nominal Transfer. SMS dikirim kepada Ninin Irmania (081933159380) maksimal hingga batas pembayaran berakhir. Apabila peserta pendaftar tidak mengonfirmasi pembayaran,
peserta tidak akan kami tindak lanjuti/dihilangkan dari daftar peserta. Bukti pembayaran harus disertakan pada pengiriman karya tulis.
PERSYARATAN PENULISAN
a.
Ketentuan penulisan dengan panjang tulisan maksimal 60
halaman, dihitung dari bagian abstrak hingga daftar pustaka. Kertas ukuran A4 HVS 80 gram, Times New Roman, 12 pt,
spasi 1,3 dan margin/batas tulisan 4-3-3-3cm (kiri-kanan-atas-bawah).
b.
Teknis penulisan karya tulis pada umumnya.
MEKANISME PENILAIAN
Penilaian karya tulis siswa dilakukan oleh tim juri. Adapun kriteria dan jumlah tim juri ditentukan oleh panitia.
Proses lomba ini terdiri atas dua tahap sebagai berikut:
a.
Seleksi awal/eliminasi
Penilaian karya tulis dilakukan dengan mempertimbangkan kreativitas,
rasional, inovatif, orisinal, kebermanfaatan tulisan, kelayakan implementasi,
potensi untuk dikembangkan, dan teknis penulisan karya tulis ilmiah. Kriteria penilaian karya tulis terdiri dari :
1. Kreativitas,
orisinalitas, rasional, dan manfaat25 %
2. Kelayakan implementasi,
inovatif, dan potensi untuk dikembangkan 25 %
3. Teknis penulisan karya tulis 50%
(format penulisan,
judul, abstrak, pendahuluan, tujuan, kegunaan, tinjauan
pustaka,
metodologipenulisan, hasildanpembahasan, analisis/sintesis, daftar
pustaka,
data/lampiran).
b. Grand Final
Bagi 6 finalis tim yang lolos seleksi tahap awal, akan mempresentasikan karya tulisnya, yang
akan diselenggarakan pada:
Hari,
tanggal : Minggu, 20 Mei 201*
Waktu :
08.00 s.d.selesai
Tempat :
Arena Budaya Universitas Mataram
Penilaian yang
diberikan untuk para finalis lomba akan ditentukan sebagai berikut:
a.
Karya tulis mendapat bobot penilaian sebesar 60%. Kriteria penilaian tahap awal karya tulis memiliki bobot yang bervariasi.
b.
Presentasi karya tulis mendapat bobot penilaian 40%. Kriteria penilaian terdiri dari presentasi karya tulis, diskusi/tanya-jawab, dan penilaian poster/standing
banner/media lain pendukung presentasi.
Hasil penilaian dan keputusan tim penilai bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.
PROSEDUR
PENGIRIMAN DAN KETENTUAN NASKAH
Naskah
dikirim sebanyak 2 rangkap beserta soft file dalam bentuk CD
(karya tulis format .doc dan .pdf., formulir pendaftaran peserta, data-data
informasi dan foto/gambar pendukung) dimasukkan ke dalam amplop cokelat.
Dibagian belakangnya wajib dituliskan judul karya tulis, ketua kelompok, nama
sekolah, alamat sekolah, dan no. ponsel ketua kelompok.
Setiap tim wajib menyertakan ke
dalam amplop tersebut berupa bukti pembayaran asli pendaftaran, pas foto
berwarna (3x4) setiap anggota sebanyak 2 (dua) lembar, fotokopi kartu/identitas
pelajar, dan surat/keterangan lain tentang status aktif akademik siswa. Karya tulis dikirim paling lambat tanggal 15 Mei 2012 (cap pos). Karya tulis dikirimkan ke alamat berikut.
Sekretariat HIMAFIS
Fakultas MIPA Universitas Mataram
Jln. Majapahit No. 62 Lab.Fisika
FMIPA UNRAM, Mataram (83125)
Setiap karya tulis yang masuk
adalah hak milik panitia Festival Fisika FMIPA UNRAM. Panitia juga berhak
memublikasikan dan menggunakan karya tulis tersebut untuk keperluan akademik
dilingkungan Universitas Mataram. Segala bentuk hak cipta atas nama penulis dan
sekolah akan kami lindungi sesuai peraturan perundang-undangan hak cipta yang
berlaku.
PENGHARGAAN
Juara I :
Uang Tunai + Piala + Thropy + Piagam Penghargaan
Juara II :
Uang Tunai + Piala + Thropy + Piagam Penghargaan
Juara III :
Uang Tunai + Piala + Thropy + Piagam Penghargaan
2.
Lomba Cerpen A’la Generasi Fisika,
“KISAH KLASIK BERSAMA FISIKA”
PERSYARATAN PESERTA LOMBA
a. Peserta lomba merupakan
siswa-siswi SMA Sederajat dan mahasiswa
jurusan Fisika
Fakultas MIPA ataupun FKIP Strata-1 di sekolah/perguruan
tinggi
se-NTB dan dibuktikan dengan
fotokopi kartu tanda/identitas
siswa/mahasiswa.
b. Peserta merupakan perorangan. Setiap sekolah/perguruan tinggi diperbolehkan
mengirim
cerpen sebanyak-banyaknya.
c. Cerpen merupakan karya asli penulisan (orisinalitas) dan belum
pernah
diikutsertakan
dan menjadi pemenang dalam lomba karya tulis apapun.
d. Peserta lomba yang mendaftar akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar
Rp15.000,00.
MEKANISME PENDAFTARAN
Pendaftaran peserta lomba hanya dapat
dilakukan dalam periode pendaftaran. Pendaftaran akan dibuka bulan Maret hingga 15 Mei 2012*. Peserta membayar uang
pendaftarn dan mengisi formulir pendaftarn langsung di stan pendaftaran di
sekretariat HIMAFIS, Jln. Majapahit No.62, Mataram, Lab.Fisika FMIP A, Universitas Mataram.
PENGIRIMAN NASKAH
Naskah cerpen dikirimkan langsung ke sekretariat HIMAFIS MIPA, Jl. Majapahit No.
62, Mataram, Lab. Fisika FMIPA, Universitas Mataram.
PENGHARGAAN
Juara I :
Uang Tunai + Piala + Thropy + Piagam Penghargaan
Juara II :
Uang Tunai + Piala
+ Thropy + Piagam Penghargaan
Juara III :
Uang Tunai + Piala + Thropy + Piagam Penghargaan
3.
Kompetisi Band, “THE YOUNG TALENTED BAND”
PERSYARATAN PESERTA
a.
Kompetisi
dapat diikuti oleh pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang
umurnya berkisar antara 14-20
tahun pada Desember 2012 dan dibuktikan
dengan
fotokopi kartu tanda/identitas
siswa/mahasisiwa dan KTP bagi
masyarakat umum.
b.
Setiap group band harus beranggotakan 3-5 orang.
c.
Setiap anggota band hanya
diperkenankan untuk tampil dalam satu group
band saja.
d.
Membayar biaya pendaftaran
sebesar Rp120.000,00/group.
MEKANISME PENDAFTARAN
Pendaftaran
peserta lomba hanya dapat dilakukan dalam periode pendaftaran. Pendaftaran akan
dibuka bulan Maret hingga 15 Mei 2012*. Peserta membayar uang
pendaftaran, menentukan satu lagu bebas (All Genre) dan
menyerahkan liriknya kepada panitia serta mengisi
formulir pendaftarn langsung di stan pendaftaran di sekretariat HIMAFIS, Jln. Majapahit No.62, Mataram, Lab.Fisika FMIP A, Universitas Mataram.
MEKANISME PENILAIAN
Penilaian group band dilakukan oleh tim juri. Adapun kriteria dan jumlah tim juri ditentukan oleh panitia.
Proses kompetisi ini terdiri atas dua tahap sebagai berikut:
a.
Seleksi awal/eliminasi
Penilaian group band dilakukan dengan mempertimbangkan:
1). Pemilihan Materi Lagu: 25%
ü Tingkat kesulitan dan
aransemen lagu.
ü Lirik lagu dan kejelasannya.
ü Aransemen.
2). Musikalitas : 25%
ü Irama dan ketepatan,
intonasi.
ü Kemampuan bermain alat musik
(perorangan
dan kelompok).
ü Ekspresi solo dan
harmonisasi keseluruhan.
3). Vokal : 20%
ü Aransemen dan kualitas
vocal.
ü Harmonisasi.
4). Penampilan/Penguasaan
Panggung : 20%
ü Kreatifitas penampilan di
panggung.
ü Kemampuan berkomunikasi
dan menghibur penonton.
5). Tanggapan Penonton :
10%
Pada tahap ini, setiap group band harus membawakan lagu yang sesuai dengan apa yang tertera di formulir pendaftaran dan
lirik yang diserahkan. Group
band akan dianggap gugur apabila lalai mematuhi
ketentuan ini. Group band yang tidak hadir pada saat namanya dipanggil untuk tampil pada saat
kompetisi berlangsung akan dianggap gugur. Pengumuman The Best Three of Young Talented Band akan diumumkan pada saat itu
juga setelah semua group band tampil.
b.
Grand Final
The Best Three of Young Talented
Band akan tampil pada Grand Final membawakan
lagu bebas untuk tampil di panggung Fisika
Music Festival, pada:
Hari, tanggal : Minggu, 20 Mei 2012*
Waktu :
08.00 s.d.selesai
Tempat :
Arena Budaya Universitas Mataram
Hasil penilaian dan keputusan tim penilai bersifat mutlak dan tidak dapat
diganggu-gugat.
PEMAKAIAN ALAT MUSIK
DAN PENGATURAN TEKNIS
a.
Apabila band ingin menggunakan
alat musik atau amplifier milik sendiri, harap
menguhubungi
pihak panitia paling lambat 15 Mei 2012. Tidak
menguhubungi
pihak panitia berarti memakai peralatan yang disediakan oleh
panitia.
b.
Panitia yang hanya berhak untuk
mengatur sound system (Front House).
c.
Panitia tidak bertanggung jawab
atas kerusakan atau kehilangan instrument
pribadi yang dipakai selama acara ini
berlangsung.
penyediaan alat musik.
PENGHARGAAN
Juara I :
Uang Tunai + Piala + Thropy + Piagam Penghargaan
Juara II :
Uang Tunai + Piala + Thropy + Piagam Penghargaan
Juara III :
Uang Tunai + Piala + Thropy + Piagam Penghargaan
B.
Seminar,
“SINERGIKAN OTAK KIRI DAN OTAK KANAN
DENGAN
SAINS DAN KREATIVITAS SENI”
PERSYARATAN PESERTA
a. Peserta
adalah siswa SMA/sederajat, mahasiswa, dan masyarakat umum se-NTB.
b. Peserta
Workshop dikenakan biaya Rp10.000/individu.
MEKANISME PENDAFTARAN
Pendaftaran peserta workshop hanya dapat
dilakukan dalam periode pendaftaran. Pendaftaran akan dibuka bulan Maret hingga 15 Mei 2012*. Peserta membayar uang
pendaftarn dan mengisi formulir pendaftarn langsung di stan pendaftaran di
sekretariat HIMAFIS, Jln. Majapahit No.62, Mataram, Lab.Fisika FMIP A, Universitas Mataram.
PELAKSANAAN
SEMINAR
Seminar/workshop akan dilaksanakan pada:
Hari,
tanggal : Minggu, 20 Mei 2012*
Waktu : 13.30 s.d. selesai
Tempat :
Arena Budaya Universitas Mataram
FASILITAS
1.
Sertifikat
2.
Snack
*Perubahan jadwal pendaftarandan jadwal acara, silahkan langsung hubungi CP!
*Perubahan jadwal pendaftarandan jadwal acara, silahkan langsung hubungi CP!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar