Cari Ilmu Baru

English Debate

Sedikit cerita dulu shob.,
Dulu waktu masih baru memulai bangku SMA saya benar-benar buta dengan yang namanya bahasa orang asing sperti bahasa inggris. Bahkan dulu pronunciation saya sering di olok-olok. Maklumlah, waktu masuk SMA saya bermigrasi dari super kampung menuju seper kota.,hehehe
Tak terlepas dari itu semua, saya manusia yang pantang untuk mengatakan menyerah, saya berusaha keras belajar bahasa inggris. Saya menggeluti bahasa inggris melalui beberapa jalan shob. Namun yang namanya bahasa orang, sulit juga d terima oleh lidah dan pikiran saya yang selalu menjunjung tinggi "Sumpah Pemuda" ini. hiyy
Akhirnya, saya mulai diperkenalkan dengan yang namanya "English Debate" alias debat bahasa inggris (bukan linggis) lewat suatu kebetulan yang menguntungkan.
Ternyata shob,
selama bertahun-tahun saya belajar bahasa inggris, Debat bahasa inggrislah yang membawa pencerahan bagi skill saya, dan ujing cerita, sekarang saya bisa berbahasa inggris.
Menurut pengalaman pribadi saya shob, masuk debat bahasa inggris itu gampang-gampang susah (gampang = 2x, susah = 1x), Jadi lebih banyak gampangnya. Asalkan ada kemauan, keberanian dan tekad yang kuat, shobat pasti bisa. Kalo shobat berminat untuk belajar debat bahasa inggris, neh saya punya beberapa modul pendukungnya.
Yang pertama disebut "Guidelines for Debaters" yang dapat shobat download di sini.
Ada lagi "Debaters Briefing", bisa shobat download di sini.
yang terakhir adalah "SLIDE NOTES FOR PRESENTER" bisa shobat download dengan klik di sini..!

1 komentar:

  1. Thank a lot kk :D salam kenal ya ?

    bangalvin.blogspot.com

    BalasHapus