Cari Ilmu Baru

Mengubah glycerin menjadi ethanol

Para peneliti di Amerika Serikat berhasil mengembangkan teknologi yang didesain untuk mengubah limbah glycerin pabrik biodiesel menjadi ethanol. Hasil penelitian tersebut diterbitkan di jurnal Current Opinion Biotechnology. Ramon GOnzales, asisten profesor di Rice University dan beberapa rekannya telah mengidentifikasi proses dan kondisi metabolis dimana sejenis bakteri E.Coli bisa mengubah glycerin menjadi ethanol. Menurut Gonzales, biaya operasional yang diperlukan kurang dari 40%
jika dibandingkan dengan biaya operasional yang dibutuhkan untuk memproduksi ethanol dari jagung. Masih menurut pernyataannya, produksi biodiesel di Amerika Serikat akan selalu tinggi, tetapi timbul masalah juga bagi industri untuk menangani masalah limbah glycerin yang dihasilkannya. Sebagai gambara, 10 pound biodiesel yang dihasilkan oleh pabrik biodiesel akan menghasilkan limbah glycerin sebesar 1 pound.
So sobat riset, Mari kita cari cara yang lebih efektif dari cara ini. Jika pada penelitian ini biayanya kurang dari 40%, mari kita mencari cara agar biaya tersebut kurang dari 10%.
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar