Cari Ilmu Baru

Mungkinkah AC tanpa refrigerant?

Dua professor di Yonsei University, Wonju - Korea dan Cecil, produsen perlengkapan hotel, mengumumkan pendingin ruangan inovasi mereka. Pendingin ruangan yang mereka kembangkan tidak dilengkapi dengan refrigerant (bahan kimia untuk pendingin). AC tersebut juga tidak disertai dengan blower yang terpisah. Nahm Kyun dan Park Young-woo, dua profesor tersebut telah mendemonstrasikan hasil inovasinya dihadapan pers dan produsen peralatan elektronik rumah tangga. Bagian utama dari pendingin ruangan tersebut adalah
thermo module dan 'green kit' yand dikembangkan sendiri. Arus listrik yang mengalir melalui thermo module (sejenis semikonduktor), salah satu sisinya menjadi dingin, sedangkan di sisi lain semikonduktor tersebut menjadi panas.
Green kit, berfungsi mendinginkan udara panas yang melaluinya dengan cepat, tanpa menggunakan refrigerant, sebuah bahan kimia pendingin. Pendingin ruangan konvensional menggunakan refrigerant untuk mendinginkan udara, dan melepaskan panas hasil penguapan ke udara luar melalui unit eksternal (blower). Penelitian tersebut dilakukan selama empat tahun untuk mengembangkan produk yang bisa digunakan juga sebagai pemanas ruangan pada musim dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar