Cari Ilmu Baru

Kompor berbahan bakar kayu : memasak, pendingin dan menghasilkan listrik

SCORE, kependekan dari Stove for Cooking, Refrigeration and Electricity, mungkin bisa meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup bagi 2 milyar lebih masyarakat di dunia yang masih memasak dengan menggunakan api. SCORE memanfaatkan teknologi termoakustik untuk merubah gas panas menjadi gelombang suara. Gelombang suara tersebut digunakan untuk memasak, mendinginkan dan bahkan menghasilkan listrik. Memasak secara tradisional dengan menggunakan api sangat tidak efisien. Sesorang bisa menghabiskan waktu dua jam perhari mengumpulkan kayu untuk dibakar dan 93% energi yang dihasilkan akan terbuang sia-sia menjadi asap.

Prinsip Kerja
Kayu diletakkan di dalam kompor dan
dibakar. Api yang ada kemudian memanaskan udara yang telah dipompakan ke dalam pipa berbentuk khusus yang terletak di dalam dan di bagian belakan tungku kompor. Udara panas tersebut mulai bergetar dan menghasilkan gelombang suara. Di dalam pipa tersebut, suara yang dihasilkan 100 kali lebih bising dibandingkan dengan suara pesawat jet ketika lepas landas. Tetapi karena desai pipa tersebut yang kokoh dan tidak ikut bergetar, maka gelombang suara yang berada di dalam pipa tersebut tidak merambat keluar dan hanya terdengar semacam dengungan di bagian luarnya.
Gelombang suara tersebut kemudian menggetarkan diagframa pada bagian ujung pipa. Diagframa tersebut terhubung dengan kumparan kawat logam yang terletak di dalam magnet. Jika kumparan tersebut bergetar -kuranglebih 50 kali perdetik- maka akan dihasilkan arus listrik. Kompor tersebut juga dilengkapi dengan soket yang bisa digunakan untuk peralatan elektronik, misalnya mengisi ulang baterai handphone. Sebagai pendingin, udara panas bertekanan tersebut dialirkan ke bagian lain dari pipa. Gelombang suara yang terjadi menyebabkan udara untuk mengembang. Ketika udara tersebut mengembang, udara tersebut menjadi dingin pada suhu yang bisa digunakan untuk menghasilkan es. Kompor tersebut membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menghasilkan es yang cukup untuk 24 jam.
Keuntungan
Pemilik kompor mempunyai beberapa keuntungan :
1. Kompor tersebut menghasilkan listrik yang bisa disimpan untuk keperluan perlatan elektronik lain.
2. Kompor tersebut bisa berfungsi sebagai pendingin. Pendingin tersebut bisa digunakan untuk mendinginkan makanan, sayuran, buah-buahan.
3. Bisa digunakan untuk membuat es yang bisa dijual kepada oran lain untuk mendapatkan income.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar